Selasa, 19 April 2016

Preview Film "Captain America: Civil War"


Bagi pecinta film bertema "Superheroes" khususnya dari Marvel Universe, pasti sudah tidak sabar untuk menunggu jadwal tayang film satu ini. "Captain America: Civil War" akan tayang pada 6 Mei 2016, namun kabarnya di beberapa negara akan ditayangkan lebih cepat loh. Mungkin sebagian besar sudah mengetahui kira-kira alasan mengapa Captain America dan Iron Man sampai bereseteru, berdasarkan kutipan resmi dari Marvel, inti cerita kurang lebih seperti ini.
"Steve Rogers akan memimpin tim Avengers yang baru terbentuk di dalam usaha mereka untuk menjaga umat manusia. Namun setelah terdapat suatu insiden hingga mengakibatkan kerusakan parah yang melibatkan Avengers, tekanan politik menjadi semakin kuat untuk menerapkan suatu sistem, dimana nantinya Avengers ini akan dipimpin dan dikelola oleh suatu organisasi pemerintah. Kejadian ini menimbulkan permasalahan dan memecah Avengers menjadi dua bagian, yang satu dipimpin oleh Steve Rogers yang berupaya agar Avengers bisa tetap bebas melindungi masyarakat tanpa campur tangan pemerintah, dan yang lain mengikuti Tony Stark yang secara mengejutkan setuju dengan program pemerintah ini"   (Sumber: http://marvel.com/captainamericapremiere)
In the Comic Book
Bila dilihat dari kutipan di atas, tentu sudah ada bayangan bagaimana serunya film ini nanti, dimana dua Superhero akan memimpin masing-masing tim untuk mempertahankan idenya. Sebagian besar dari kita mungkin juga sudah mengetahui bahwa Film ini sebenarnya diadaptasi dari Komik Marvel dengan tema Civil War. Kenapa disebut tema, karena ternyata Civil War itu sendiri ternyata merupakan serangakaian seri yang dibuat dari tahun 2006-2007 oleh tim kreatif yang terdiri dari Mark Millar, Steven McNiven, Dexter Vines, dan Morry Hollowell.
(Kalau mau cek apa aja serinya masuk aja ke http://marvel.com/comics/list/coreissue/?id=238)

Nah, setelah mengetahui hal ini, bagaimana sih sebenarnya kronologis bila berdasarkan buku komiknya? Yuk kita coba simak bila dari sudut pandang komiknya. Kalau berdasarkan komik, awalnya Civil War mengisahkan tentang regulasi pemerintah yang disebut "Superhuman Regulation Act" dimana setiap orang di Amerika Serikat yang memiliki kemampuan istimewa atau manusia berkekuatan super wajib mendaftarkan dirinya. Peraturan ini muncul karena serangkain kejadian yang mengakibatkan kerusakan parah dan kematian dimana kejadian-kejadian ini melibatkan "Super Human". Nah kalau di komik akan dijelaskan kejadian-kejadiannya apa aja, seperti akibat amukan dari Hulk, ulah dari para Mutant, bahkan ada kelompok "Superheroes" muda yang memiliki Reality TV Show yang merekam adegan-adegan saat mereka menantang "Supervillains" hanya untuk Rating TV.

Pendaftaran manusia super ini memecah belah komunitas manusia super, dimana Tony Stark memimpin kubu yang setuju akan pendaftaran ini sementara Steve Rogers akan memimpin kubu yang menentang usulan ini. Tony Stark bersama Mr. Fantastic dan Hank Pym berujar bahwa, dengan kondisi politik yang berubah maka tidak ada gunanya bila kita melawan hukum, selain itu mereka juga berpendapat bahwa sewajarnya manusia-manusia super butuh untuk dilatih dan diawasi. Sementara itu Captain America bersama Falcon dan Luke Cage berpendapat bahwa kerahasiaan identitas juga penting karena menyangkut kehidupan pribadi dan keamanan keluarga mereka.

Pada kelanjutannya kubu yang bertentangan dengan peraturan ini terus memerangi kejahatan dan mengalahkan "Supervillains" sementara kubu yang pro dengan peraturan ini malah berusaha untuk melacak dan mencari manusia-manusia super yang belum terdaftar. Tony Stark berhasil meyakinkan Spiderman untuk ikut ke kubu pro dengan peraturan ini, sementara X-men menyatakan bahwa mereka ada pada posisi netral.

Karena sudah banyaknya pertentangan di antara kedua kubu, akhirnya saling baku hantam pun tak bisa dihindari. Tony Stark dan Mr. Fantastic membangun suatu penjara khusus untuk para manusia super yang menolak untuk mendaftarkan dirinya. Ada sedikit spoiler, kalau berdasarkan komik, melihat tindakan Tony Stark ini, Spiderman akhirnya membelot dan pindah ke kubu Captain America.

Pada akhirnya, di dalam komik diceritakan bahwa Captain America menyerah, lalu dipenjarakan, dengan ini maka Civil War pun berakhir. 2 minggu kemudian kelompok "Superheroes" baru muncul dengan nama "The Mighty Avengers" dan Tony Stark dijadikan direktur S.H.I.E.L.D.

Ternyata kalau di komiknya ada alternate ending nya loh, jadi gak cuma ini aja, bisa aja di film nanti akan ada twist plot dan ending pun bisa dimainkan sedemikian rupa soalnya Marvel sudah memiliki projek jangka panjang untuk film-filmnya. So, film ini rasanya layak banget buat ditonton jadi nanti kita bisa lihat langsung siapa aja sih member dari kedua kubu ini.

TRAILER FILM





Tidak ada komentar:

Posting Komentar