Sabtu, 23 April 2016

Captain America: Civil War, Black Panther



Siapa yang tidak kenal dengan Captain America, Spider Man, Iron Man, Ant Man, Thor, Hulk atau Black Widow? mungkin banyak dari kita yang telah mengetahui karakter-karakter ini. Kita dapat mengenal mereka melalui franchise film yang sudah pernah tayang atau pun melalui video game. Tetapi selain mereka ternyata ada satu karakter yang layak untuk di ulas pada film Captain America: Civil war, dia adalah Black Panther. Bagi yang sudah menonton trailernya, Black Panther adalah karakter yang memakai kostum hitam seluruhnya, dan berada pada tim Iron Man. Ternyata Black Panther ini merupakan karakter lama dalam komik Marvel dan debut komiknya adalah pada Fantastic Four #52, Juli 1966.


Chadwick Boseman



Pada film Captain America: Civil War, karakter Black Panther akan diperankan oleh Chadwick Boseman. Ternyata, film ini akan menjadi debut dari Black Panther di layar lebar, sebelumnya karakter ini hanya muncul pada buku komik, kartun dan video games. Yang uniknya karakter ini ternyata pernah muncul pada serial Anime Jepang yang berjudul "Marvel Disk Wars: The Avengers", serial ini adalah kolaborasi antara Toei Animation dan Walt Disney, Jepang. Berdasarkan informasi dan jadwal film dari Marvel Cinematic Universe, Black Panther akan memiliki film sendiri dan direncanakan akan tayang pada tahun 2017 nanti.

In the Comic Book
Sudah pasti aksi Black Panther dalam debutnya di film Captain America: Civil War layak untuk dinantikan, namun tidak ada salahnya bila kita mencoba untuk mengulas lebih jauh tentang Superhero ini berdasarkan buku komik. Identitas asli dari Black Panther bermana T'Challa dan diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. T'Challa pada awalnya adalah seorang pangeran yang berasal dari Wakanda (Negara Fiksi) di Afrika. Ini menjadikan T'Challa sebagai superhero pertama yang berkulit hitam dalam sejarah komik Amerika.

"Black Panther" sebenarnya adalah nama julukan yang diberikan kepada pimpinan tertinggi dari negara Wakanda. Gelar ini sifatnya turun termurun, namun agar layak mendapat gelar ini dibutuhkan perjuangan. Ayah T'Challa, bernama T'Chaka adalah Black Panther sebelumnya, dia dibunuh oleh Ulysses Klaw (muncul pada film Age of Ultron) karena ingin merebut Vibranium dan dijual untuk memperkaya diri sendiri. Demi melindungi rakyatnya T'Challa yang masih muda berjuang dan berhasil mengusir Klaw dari Wakanda. Vibranium sangat dicari karena material ini berharga sangat mahal dan merupakan material (metal) yang sangat kuat, vibranium digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan "Shield" Captain America dan nantinya akan menjadi bahan untuk pembuatan kostum Black Panther.

Setelah kejadian ini, T'Challa tidak begitu saja langsung menjadi Black Panther yang baru, pemerintahan sementara dialihkan kepada pamannya. T'Challa harus menjalani ritual Wakanda dan di dalam perjalanannya dia bertermu dengan Ororo Munroe atau yang lebih terkenal dengan julukan Storm, ya dia nantinya akan menjadi bagian dari X-Men. Tetapi hubungan mereka tidak berlanjut dan pada akhirnya mereka berpisah. T'Challa pun kembali dan berhasil mengalahkan prajurit-prajurit hebat Wakanda dan menjadi Black Panther yang baru.

Setelah menjadi raja, dia menjual sedikit dari material Vibranium kepada institusi penelitian di seluruh dunia, melalui ini dia memperoleh kekayaan yang sangat banyak dan kekayaan ini digunakan untuk pengembangan teknologi. Black Panther kemudian mengungdang Fantastic Four ke Wakanda, awalnya dia ingin menantang mereka untuk menguji kekuatannya untuk mengetahui apakah dia sanggup untuk membalas dendam kepada Klaw yang telah membunuh ayahnya, namun pada akhirnya mereka menjadi berteman dan T'Challa membantu mereka untuk mengalahkan "The Psycho Man".

Setelah itu Black Panther muncul pada edisi komik lainnya, seperti ketika dia membantu Avengers mengalahkan "sons of the serpent", dan juga Man-Ape. Selain itu T'Challa juga pernah membantu Matt Murdock (Daredevil) untuk menggantikannya menjaga kawasan "Hell's Kitchen". Agar dia bisa membaur dan mendapatkan informasi maka selama menggantikan "Daredevil", dia menyamar sebagai Okonkwo, seorang imigran dari Kongo dan menjadi manager dari sebuah restoran bernama "Devil's Kitchen". Selain ini masih ada banyak seri lainnya yang menampilkan "Black Panther" rasanya pada 2017 nanti film ini layak untuk masuk ke dalam "Watch List".

Kekuatan Black Panther
Black Panther memiliki kekuatan fisik, kelincahan, kecepatan, stamina, ketahanan, refleks, indra perasa dan kemampuan menyembuhkan diri yang luar biasa. Kekuatan ini didapatkan karena meminum suatu ramuan khusus dimana ramuan ini hanya bisa diminum oleh keluarga kerajaan Wakanda. Black Panther juga kebal terhadap ilmu sihir dan memiliki ingatan yang sangat kuat. Selain kekuatan secara fisik, T'Challa juga memiliki kemampuan lain seperti berburu, berpolitik, seorang ahli strategi, penemu, ilmuwan bahkan dia memiliki gelar Phd untuk science dari Oxford University. Disamping itu seluruh kemampuan dan kekuatan fisiknya didukung oleh keahliannya dalam senam dan akrobat serta menguasai banyak seni bela diri.

Black Panther Chase Scene




2 komentar:

  1. woooo... jagoan baru nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya doi udah muncul dari lama di komik sama kartun nya.. Kalau film akan debut di civil war..

      Hapus